“Belajar tanpa refleksi adalah sia-sia. Refleksi tanpa belajar itu berbahaya.”     

(Confucius)

Pertanyaan

1.     Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran  di kelas Anda? 

2.     Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

3.     Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

4.     Jika Anda menghadapi sebuah situasi, dimana kebutuhan belajar siswa Anda tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi beranikah Anda mengambil risiko untuk memodifikasi pembelajaran Anda, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum atau tidak sesuai dengan sistem yang ada? Jelaskan pendapat Anda dengan alasannya.

 

Jawab

1.   Materi apa pun bisa diberikan kepada siswa. Strategi, metode, dan teknik yang perlu    diperhatikan   terkait masa pandemi. Hal yang diperlukan adalah kreativitas dan inovasi. Misalnya lebih mengefektifkan lingkungan rumah dan masyarakat. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dan memilih KD terkait permasalahan dalam masa pandemic. Memberikan kemudahan kepada siswa untuk melakukan ekplorasi di lingkungan mereka.

2.  Hal sulit dilakukan adalah pertemuan melalui zoom atau sejenisnya. Hal tersebut terkait fasilitas yang tidak memungkinkan. MIsalnya permasalahan hp android dan kuota. Misalnya sulit untuk memetakan potensi siswa secara nyata.

3.  Bantuan android dan kuota. Bisa juga dilakukan pembelajaran tatap muka dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Bantudan android dan kuota sangat kami harapkan dari bantuan dana alokasi khusus dari Kemendikbud.

4.  Saya akan melakukan variasi pembelajaran. Bisa menggunakan zoom walaupun hanya sekian persen. Menggunakan voice note, WA grup atau bahkan guling (guru keliling). Memang kemampuan dari orang tua kami kelas menengah ke bawah. Jadi, memang perlu divariasikan dalam menyikapi permasalahan tersebut.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UMPAN BALIK UNTUK CGP (MODUL 1.3)

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Pengejawantahan Filosofi Pendidikan KHD