Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2021

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Gambar
  “LABU NAK” (Jelajah Budaya Pontianak)   Karya Wisata Virtual ke Istana Kadriah Kesultanan Pontianak Oleh: Ya' Dedi Suhandi, S.Pd., M.Pd. A.     Latar Belakang   M otivasi murid pada kegiatan pembelajaran di sekolah masih kurang. Hal ini disebabkan  sumber belajar yang digunakan guru kurang tepat dan menoton . Guru hanya terpaku pada satu sumber buku saja tanpa adanya sumber lain yang relevan dan murid hanya membaca buku paket yang materinya kurang sesuai dengan SK dan KD sehingga murid kurang mampu memahami materi yang disampaikan guru. Metode karya wisata sangat efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode karyawisata berfungsi sebagai kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran, juga merupakan metode pembelajaran yang mengajak peseta didik ke suasana di luar kelas. Dengan bimbingan pendidik, peserta didik diajak menuju tempat-tempat atau objek konkret yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran, seba

Jurnal Monolog 3.1.a.7 (Demonstrasi Kontekstual)

Gambar
  Mengambil Keputusan Sebagai Pemimpin dalam Pembelajaran   Selama ini pembelajaran kita sebagian besar masih berada pada zona nyaman. Nyaman karena sudah dilengkapi buku paket dan fasilitas yang dibantu oleh pemerintah atau instansi terkait. Pendidik masih berkutat dengan modul atau buku paket yang isinya mungkin bertolak belakang dengan keiinginan dan potensi murid. Mainset pendidik masih seputar bagaimana menuntaskan kurikulum. Bukan mengejar kualitas pembelajaran. Impian yang sekian lama dinantikan akhirnya datang. Tentunya teman-teman bertanya apa impian saya. Saya selalu gusar dengan pembelajaran yang selama ini saya geluti. Masih kering dengan inovasi dan keberpihakan kepada murid. Bak pepatah mengatakan “Pucuk dicinta ulam pun tiba. Program yang dinanti-nanti akhirnya menghampiriku. Program apakah itu? Program Guru Penggerak . Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik l