Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2020

Pengejawantahan Filosofi Pendidikan KHD

Gambar
Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Murid dan Pembelajaran di Kelas sebelum Mempelajari Modul Filosofi Pendidikan KHD Murid atau peserta didik merupakan objek yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, masih terdapat pemikiran bahwa peserta didik merupakan insan yang harus mengikuti semua kemauan kita. Peserta didik harus melaksanakan kegiatan yang sudah dirancang sesuai dengan instrumen. Sang pendidik masih mengejar target kurikulum, bukan kebutuhan peserta didik. Hukuman atau saksi terkadang masih meracuni pemikiran sang Guru. Hal itu dilakukan untuk menuntaskan pembelajaran bukan menuntaskan keperluan dan potensi serta karakteristik peserta didik. Potensi dan kelebihan peserta didik seakan-akan hanya kiasan dalam teori pembelajaran saja. Implementasinya masih jauh dari harapan. Peserta didik masih terbelenggu dengan aturan dan ancaman yang dilontarkan. Peserta didik belum merdeka untuk mengaplikasikan jadi dirinya sebagai insan yang suci.